Dunia Anak

rentang tumbuh kembang anak, penyakit-penyakit yang sering menyerang anak, tips bila anak dalam keadaan sakit

SELAMAT DATANG MALAIKAT KECILKU

Akhirnya ibu bisa melihat wujud si kecil yang selama ini bermukim di rahim ibu, sungguh suatu anugerah yang luar biasa,tubuhnya yang mungil, wajahnya yang lucu, kulitnya yang lembut membuat ibu tak henti- hentinya memandang, suatu kebanggan buat ibu bisa mengenal setiap lekuk tubuhnya, berikut adalah bagian- bagian tubuh bayi :


Kepala
Bentuknya mungkin terlihat agak aneh, ini terjadi karena selama proses persalinan ( persalinan normal ), si kecil melewati jalan lahir yang sempit sehingga tulang tengkoraknya bergeser dan saling bertumpang tindih. Kepala bayi baru lahir akan tampak lonjong, apalagi jika persalinan berlangsung lama atau persalinan dengan bantuan alat vacuum , namun ibu tidak perlu khawatir dalam beberapa hari kepalanya akan berbentuk lebih bulat dan normal.

Wajah
Tekanan selama melalui jalan lahir juga bisa menyebabkan kelopak mata si kecil tampak bengkak, selain itu ruang rahim yang sempit bisa menekan hidung dan telinganya sehingga hidung si kecil tampak mendatar dan telinganya terlipat, jangan takut ini hanya sementara, beberapa hari kemudian si kecil pasti akan menjelma menjadi bayi mungil yang lucu

Tali pusat
Ujung tali pusat yang tadinya berwarna hijau kekuningan akan berubah kehitaman, dan pada akhirnya mengering dan terlepas, ini biasannya terjadi pada hari ke 5-15.

Kulit
Sesaat setelah lahir, lapisan kulit paling atas akan mengelupas, kulit pada tangan dan kaki si kecil akan terlihat kering dan mengelupas terutama terjadi pada minggu-minggu pertama.

Tanda lahir
Tidak sedikit byi yang lahir dengan tanda lahir, biasanya berupa bercak kemerahan atau hitam, ada yang kemudian menghilang namun ada juga yang menetap sampai dewasa.

Tungkai dan kaki
Biasanya tungkai dan kaki bayi baru lahir terlihat bengkok atau menekuk, selama tungkai dan kakinya lentur dan mudah di gerakan tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Lama- lama tungkai akan lurus dengan sendirinya sejalan dengan semakin aktifnya gerakan si kecil

Rambut halus
Kadang bayi baru lahir di tumbuhi rambut- rambut halus yang di sebut lanugo, terutama di punggung, bahu, kening dan pelipis.

Payudara dan alat kelamin
Payudara bayi laki- laki maupun perempuan yang baru lahir mungkin akan sedikit bengkak ini terjadi karena pengaruh hormon ibu selama berada dalam kandungan .
bayi perempuan kemaluan bagian luarnya mungkin akan tampak bengkak dan dari vaginanya keluar sedikit cairan, semua ini akan kembali normal dalam beberapa hari.
Penis pada bayi laki- laki mungkin akan sering mengalami ereksi terutama sebelum buang air kecil

Ubun-ubun
Coba perhatikan puncak kepala si kecil, ibu akan melihat dua lekukan lembut yang di sebut ubun- ubun atau fontanel. Fontanel adalah tulang tengkorak yang belum menyatu supaya ketika lahir kepala dapat melewati jalan lahir yang sempit, fontanel akan menutup pada usia 12-18 bulan.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Labels

About Me

Foto saya
Isye Asmarani, menyelesaikan D III Keperawatan di AKPER Sumedang, S1 Keperawatan di UMJ dan sekarang berkerja disalah satu Rumah Sakit internasional di Jakarta,di ruang PICU dan NICU.