Dunia Anak

rentang tumbuh kembang anak, penyakit-penyakit yang sering menyerang anak, tips bila anak dalam keadaan sakit

Bayi Prematur

Pada dasarnya kelahiran prematur pasti adalah keadaan yang tidak dikehendaki oleh orang tua juga dokter. Karena hal tersebut mempunyai konsekuensi yang tidak menyenangkan untuk si bayi. Sehingga saat ini apa yang telah diupayakan dokter kebidanan adalah mengupayakan untuk mencegah kelahiran prematur ini, antara lain seperti :


  • Tirah baring
  • Obat obatan khusus untuk menngurangi kontraksi rahim.
  • Bila kelahiran prematur tampaknya merupakan hal yang tidak dapat dicegah, dokter kebidanan akan memberikan suntikan steroid untuk pematangan paru janin.

Bagaimaana bila kelahiran prematur tidak dapat dicegah ?

ini adalah suatu keadaan yang tidak dapat dipilih dan orang tua harus dapat menerima kelahiran ini dengan ikhlas.
Namun kelahiran prematur mempunyai batas viabilitas. Batas minimal usia kehamilan bayi yang masih dapat diupayakan untuk dipertahankan hidupnya adalah 24 – 25 minggu, dengan tingkat kematian sekitar 20% untuk 24 minggu dan 65% untuk usia 25 minggu, dan berat badan minimal 500 gram. Sedangkan di Indonesia tampaknya batasan ini masih terlalu dini. Batas usia
kehamilan bayi yang dapat dipertahankan hidup dengan tingkat kualitas perkembangan yang cukup baik adalah usia 27 minggu dan dengan berat badan minimal 700 gram.

Apakah bayi premature memerlukan perawatan di NICU ?

Pada bayi permatur yang kecil, terutama dibawah 34 minggu sebaiknya dirawat di NICU, namun di atas 34 minggu dapat dirawat di ruang perawatan bayi biasa. Meskipun pada usia tersebut bayi tetap memerlukan perawatan incubator.

Hal hal yang harus di perhatikan pada bayi premature dalam minggu pertama kehidupan

Hipotermi (suhu tubuh rendah)
Pada awal kelahiran, akibat perbedaan suhu antara di dalam rahim dengan di luar rahim, keterbatasan mekanisme adaptasi suhu , rendahnya cadangan lemak dan kulitnya yang tipis sehingga penguapan cairan tubuh meningkat menyebabkan bayi premature mudah mengalami suhu rendah.

Rendahnya kadar gula darah
Demikian juga kadar gula didalam darah cepat sekali menurun dan lama untuk meningkat karena keterbatasan kompensasi tubuh

Sindroma Distres Pernafasan
Sindroma ini disebabkan adanya tidak atau belum matangnya paru sehingga gelembung paru paru (alveoli) mudah sekali menguncup atau kolaps. Rendahnya kadar surfaktan yang memelihara fungsi ini merupakan penyebab utama. Pada keadaan paru paru yang kolaps akan membuat bayi memerlukan mesin bantuan nafas untuk membuka dan pemberian surfaktan dapat membantu. Namun seiring dengan peningkatan teknologi dewasa ini, keadaan tersebut dapat diminimalkan dengan pemberian udara (tanpa oksigen) untuk membuka paru. Yang ternyata dapat menurunkan kebutuhan bayi terhadap mesin bantu nafas dan pemberian surfaktan.

Lupa bernafas (apnoe)
Banyak hal yang berperan dalam kejadian lupa bernafas ini. Dengan semakin bertambah usia bayi risiko untuk lupa bernafas akan semakin kecil.

Patent ductus arteriosus (PDA)
PDA adalah pembuluh darah yang menghubungkan antara pembuluh darah besar dan pembuluh darah dari paru paru. Normal pembuluh darah ini masih didapatkan pada
kehidupan janin, namun akan menutup spontan beberapa saat setelah lahir. Pada bayi premature penutupan pembuluh tersebut terjadi lebih lama. Bila keadaan PDA tersebut
mengganggu sirkulasi darah sehingga aliran darah menuju paru maningkat maka keadaan tersebut akan mengganggu proses pernafasan bayi dan perlu dilakukan
pengobatan atau operasi.

Perdarahan kepala
Bayi premature mempunyai keterbatasan pengaturan aliran darah otak yangsangat terbatas. Sehingga keterbatasan ini akan mencetuskan kejadian perdarahankepala lebih mudah dibandingkan bayi matur.

Infeksi
Bayi premature mudah mengalami infeksi karena beberapa hal, antara lain :kulit yang tipis, daya tahan tubuhnya yang rendah, sering mendapat infuse dan makanan melalui infuse dalam jangka waktu yang lama.

Enterokolitis nekrotikans (NEC)
Adalah suatu keadaan dimana terdapat kerusakan sel sel usus sehingga menyebabkan gangguan dalam proses pencernaan atau penyerapan makanan. Bila mengalami
keadan ini, biasanya bayi akan dipuasakan untuk sementara atau bila kerusakan usus cukup berat akan dilakukan operasi untuk dilakukan pemotongan bagian usus yang sudah tidak berfungsi lagi.

Ikterus/ bayi kuning / neonatal hiperbilirubinemia
Kejadian kuning sangat sering dan biasanya kadah bilirubin di dalam darahcepat meningkat, hal ini disebabkan pada bayi prematur kerusakann sel sel darah merah lebih banyak dan cepat dibandingkan bayi matur dan diperberat dengtan keterbatasan fungsi hati.

Sehingga sangat jelas dengan banyak problem yang mungkin terjadi pada minggu minggu pertama tersebut , bayi premature sangat memerlukan perawatan di NICU.
Problem yang mesti diwaspadai pada periode setelah perawatan di NICU
  • kejadian lupa nafas
  • SIDS (Sudden Infant Death Syndrome)
  • Muntah (disertai refluks)
  • Tergantung mesin Bantu nafas
  • Tergantung oksigen
  • Risiko kebutaan
  • Gangguan pendengaran
  • Anemia atau kurang darah
  • Pertumbuhan tubuh (berat badan, tinggi badan dan lingkar kepala)
Adanya beberapa hal yang perlu dipantau pada bayi prematur bila akhirnya dapat dibawa pulang ke rumah bukan sesuatu hal yang sederhana dan singkat, namun memerlukan pemantauan yang berkala dan terusmenerus hingga usia setidaknya mencapai usia sekolah (6-7 tahun).


0 komentar:

Posting Komentar

 

Labels

About Me

Foto saya
Isye Asmarani, menyelesaikan D III Keperawatan di AKPER Sumedang, S1 Keperawatan di UMJ dan sekarang berkerja disalah satu Rumah Sakit internasional di Jakarta,di ruang PICU dan NICU.